ALGORITMA HASH DAN INTEGRITAS DATA DALAM PROSES DIGITAL FORENSIK

Sabtu, 31 Mei 2014

Barang bukti digital biasanya bersifat volatile yaitu mudah sekali berubah, mudah rusak, atau mudah hilang baik oleh kegiatan yang disengaja maupun kegiatan yang tidak sengaja misalnya perubahan arus listrik yang mengakibatkan kerusakan barang bukti. Untuk menjamin keaslian barang bukti digital bisa dilakukan dengan menguji nilai hashnya, jika terjadi perubahan 1 bit saja maka barang bukti tersebut dianggap tidak sah.

Hash
HASH(message digests) atau enkripsi satu arah, tidak memiliki kunci. Sebaliknya, panjang nilai  hash dikomputasikan berdasarkan plaintext. Hash yang memiliki beberapa sifat keamanan tambahan sehingga dapat dipakai untuk tujuan keamanan data. Umumnya digunakan untuk keperluan autentikasi dan integritas data. Fungsi hash adalah fungsi yang secara efisien mengubah string input dengan panjang berhingga menjadi string output dengan panjang tetap yang disebut nilai hash.

Salah satu fungsi hash yang paling sering digunakan dalam komputer forensik adalah algoritma MD5 dan SHA1. Algoritma hash membentuk dasar dari keamanan komunikasi di Internet dan merupakan bagian yang krusial dalam memelihara pengamanan kriminal dan kasus pemerintahan.

MD5

Sejarah singkat MD5 di mulai pada tahun 1991 yang didesain oleh Prof. Ronald Rivest dari universitas di Amerika Serikat yaitu MIT, Prof. Ronald Rivest mendesain MD5 karena telah ditemukan kelemahan pada MD4 yang ditemukan Hans Dobbertin. Pada Tahun 1996 Hans Dobbertin menemukan sebuah kerusakan/celah pada fungsi kompresi MD5, namun hal ini bukanlah serangan terhadap hash MD5 sepenuhnya, sehingga dia mengumumkan untuk para pengguna kriptografi menganjurkan supaya mengganti dengan WHIRLPOOL, SHA-1, atau RIPEMD-160. Namun lambat laun MD5 sudah tidak bisa diandalkan lagi karena hash hasil encrypt MD5 mulai menampakkan kerusakannya dan sudah diketahui rahasia algoritma pada MD5, hal tersebut ditemukan kerusakannya pada tanggal 17 Agustus 2004 oleh Xiaoyun Wang, Dengguo Feng, Xuejia Lay dan Hongbo Yu, kalau dilihat dari namanya mereka berasal dari negri tirai bambu China,  sekedar info saja bahwa serangan yang mereka lakukan untuk bisa men-decrypt hash MD5 ke plain text hanya membutuhkan waktu satu jam saja, dengan menggunakan IBM P690 cluster.

MD5 merupakan salah satu perlindungan kepada user dalam menggunakan fasilitas internet di dunia maya, terutama yang berhubungan dengan password, karena sebuah password adalah kunci yang sangat berharga bagi kita yang sering melakukan aktifitas di dunia maya, bisa kita bayangkan apabila seorang cracker mampu menjebol database website misalnya situs pemerintah yang sifatnya sangat rahasia kemudian cracker tersebut mencari bug dari situs targetnya dengan berbagai macam metode/teknik hacking (seperti : SQL Injection, Keylogger, Social Engineering, Trojan Horse, DDOS d.l.l)

MD5 adalah algoritma message digest yang dikembangkan oleh Ronald Rivest pada tahun 1991. MD5 merupakan perbaikan dari MD4 setelah MD4berhasil diserang oleh kriptanalis. MD5 mengambil pesan dengan panjang sembarang dan menghasilkan message digest yang panjangnya 128 bit dimana waktu pemrosesan lebih cepat dibandingkan performance SHA tetapi lebih lemah dibandingkan SHA.  Pada MD5 pesan diproses dalam blok 512 bit dengan empat round berbeda. Masing-masing round terdiri dari 16 operasi. F merupakan fungsi nonlinear, satu fungsi digunakan pada setiap ronde. MI menunjukkan blok data input 32 bit dan Ki menunjukkan konstanta 32 bit yang berbeda setiap operasi.

SHA

Secure Hash Algorithm (SHA), algoritma yang dispesifikasikan dalam Secure Hash Standard (SHS, FIPS 180), dikembangkan oleh NIST dan digunakan bersama DSS (Digital Signature Standart). SHA-1 adalah revisi terhadap SHA yang dipublikasikan pada tahun 1994. SHA disebut aman (secure) karena ia dirancang sedemikian rupa sehingga secara komputasi tidak mungkin menemukan pesan yang berkoresponden denganmessage digest yang diberikan.

Algoritma SHA mengambil pesan yang panjangnya kurang dari 264 bit dan menghasilkan message digest 160-bit . Algoritma ini lebih lambat daripada MD5, namun message digest yang lebih besar membuatnya semakin aman dari bruteforce collision dan serangan inversi.

PERBANDINGAN SHA-1 DAN MD5

Karena SHA-1 dan MD5 dikembangkan atau diturunkan dari MD4 maka keduanya mempunyai kemiripan satu sama lain, baik kekuatan dan karakteristiknya.

Berikut perbedaan dari SHA-1 dan MD5 :
  1. Keamanan terhadap serangan brute-force. Hal yang paling penting adalah bahwa SHA-1 menghasilkan diggest 32-bit lebih panjang dari MD5. Dengan brute-force maka SHA-1 lebih kuat dibanding MD5.
  2. Keamanan terhadap kriptanalisis. Kelemahan MD5 ada pada design sehingga lebih mudah dilakukan kriptanalisis dibandingkan SHA-1
  3. Kecepatan. Kedua algoritma bekerja pada modulo 232 sehingga keduanya bekerja baik pada arsitektur 32 bit. SHA-1 mempunyai langkah lebih banyak dibandingkan MD5 ( 80 dibanding MD5 64 ) dan harus memproses 160 bit buffer dibanding DM5 128 bit buffer, sehingga SHA-1 bekerja lebih lambat dibanding MD5 pada perangkat keras yang sama.
  4. Simplicity. Kedua algoritma simple untuk dijelaskan dan mudah untuk diiemplementasikan karena tidak membutuhkan program yang besar atau tabel subtitusi yang besar pula.

0 comments:

Posting Komentar